Uncategorized

Ruko Mulai Dirobohkan, Begini Prosesnya

Proses perobohan sisa ruko di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Kaliwates, dimulai pada hari Rabu, 04 Maret 2020. dengan Faktor keamanan menjadi pertimbangan untuk membongkar bangunan secara bertahap.

Komandan Kodim 0824 Jember, Letkol Inf. La Ode M Nurdin, menjelaskan, pembongkaran dilakukan mulai dari ruko 31 hingga ruko 11.

“Adapun teknis pembongkarannya  dilaksanakan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII Surabaya,” terangnya.

Pembongkaran awal  secara bertahap, dimulai dari bagian atas kemudian bagian depan.hal Ini dilakukan dengan memperhatikan faktor kemanan dan keselamatan warga yang ada di belakang ruko yang sedang dibongkar.

Pejabat Pembuat Komitmen Jalan Nasional Jember pada BBPJN VIII Jawa Timur, Dwi Bagus Bawono, mengatakan, perobohan dilakukan secara pelan-pelan karena bangunan sudah miring, berat ruko juga berpengaruh pada pondasi yang telah terkikis aliran air sungai yang di bawah robohan ruko.

“Jadi pelan-pelan mulai dari atas, atap kemudian tembok samping,” katanya. Saat tinggal balok betook, baru ditarik ke arah depan. “Kami mengusahakan jatuhnya ke depan,” imbuhnya.

Sementara itu, pelaksana lapangan pembongkaran, Abdul Mujahit, menjelaskan, pihaknya berusaha pembongkaran tidak berdampak.

“Pembongkaran ini harus tidak berdampak. Makanya kami mengurangi beban di atas dan akan ditarik ke depan,” jelasnya.

Meski pembongkaran dilakukan secara pelan-pelan, Abdul Mujahit mengaku optimis tenggat waktu selama 21 hari untuk membongkar bangunan tersebut dapat dicapainya.

Seperti diketahui, Pertokoan Jompo di Jalan Sultan Agung dibongkar oleh Pemerintah Kabupaten Jember dalam masa tanggap darurat bencana, menyusul runtuhnya jalan dan sepuluh ruko di kompleks itu.

Dana pembongkaran telah dianggarkan pada tahun 2020. Namun, pertokoan tersebut terlebih dulu runtuh pada Senin, 02 Maret 2020.

Sejumlah alat berat sudah dikerahkan. Pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten berkolaborasi untuk menangani bencana  robohnya ruko tersebut. (yosi)

 

Bagikan Ke:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Subscribe to via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 544 other subscribers

Copyright © 2018 MahaKarya Magz. Karya Anak Bangsa

To Top