BERITA

Ramadan, Bupati Faida Bersama Kades Distribusikan 67 Ribu E-KTP

MAHAKARYAMAGZ – Tidak banyak bicara, tapi memilih banyak kerja mencari solusi terkait berbagai keluhan masyarakat. Itulah yang dilakukan Bupati Jember dr Hj Faida MMR. Salah satunya mencari solusi agar pelayanan administrasi data kependudukan (Adminduk) bisa cepat dan masyarakat terlayani dengan baik .

Kini, Bupati Faida telah mengerahkan tenaga khusus yang tergabung dalam ‘Pendopo Express’ yang bertugas mengantar langsung KTP, KK maupun akta kependudukan lainnya langsung ke rumah warga. Petugas Pendopo Ekpress ini mengkhususkan mengantar E-KTP yang sudah lama diurus tapi belum diambil. Rata-rata warga yang rumahnya ada di pelosok desa.

“Semuanya gratis. Akta kependudukan yang sudah jadi diantar langsung ke rumah warga tanpa ada pungli,” ujar Bupati Faida.

Dijelaskan, ternyata masih ada 68 ribu KTP dan KK yang sudah diurus warga sejak lama belum didistribusikan. Untuk itu petugas ‘Pendopo Express’ bertugas mempercepat distribusi e-KTP dengan cara diantar ke rumah warga.

“Hingga kni, petugas Pendopo Ekpress telah menuntaskan distribusi sebanyak 45 ribu e-KTP dan KK yang sudah jadi,” ujarnya. Sedangkan sisanya sekitar 23 ribu akan dibagi bersama dengan 67 ribu e-KTP dan KK yang masih dslam proses percepatan penyelesaian.

“Ramadan ini bersamaan dengan program Pasar Murah di kecamatan-kecamatan, e-KTP dan KK yang sudah jadi akan didistribusikan.
Tadi (22/5/2018) kegiatan di Puger sebanyak 6000 E-KTP dan KK yang sudah jadi didistribusikan bersama kades,” ujar Faida.

Tidak hanya itu saja, kata Faida, momentum ramadan ini juga dimanfaatkan betul untuk mempercepat distribusikan E- KTP agar bisa diterima warga.

Berdasarkan data per 19 Mei 2018, ternyata masih ada 19 ribu warga yang masih memegang suket (surat keterangan) dan e-KTP belum tercetak. Untungnya, blangko e-KTP dari pusat sudah datang dan sangat mencukupi untuk kebutuhan Jember. Saat ini masih ada 35 ribu keping, sehingga 19 ribu warga yang masih memegang suket akan dituntaskann pencetakan e-KTP nya. Sedangkan sebanyak 2 ribuan belum bisa cetak karena menunggu verifikasi komputer pusat.

“Yang pasti persoalan e-KTP menjadi perhatian kita. Kita urai persoalannya sehingga bisa dilakukan percepatan,” ujarnya.

Faida menjelaskan, Jember beruntung diberi 60.000 keping blanko e KTP oleh Dirjen Kependuduman dan Pencatatan sipil, sehingga bisa mencetak dan  mengganti suket. “Ini yg sekarang didistribusi bersamaan dengan pasar murah di bulan ramadan. Jember,” ujarnya.

Bahkan, lanjut Bupati peraih Penghargaan Satya Lencana dari Presiden ini, Jember dapat tambahan lagi 40.000  keping dan saat ini Dispendukcapil terus mencetak e-KTP, baik yang dari suket maupun yang perekaman baru. (mgz)

Bagikan Ke:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TERUPDATE

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Subscribe to via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 544 other subscribers

Copyright © 2018 MahaKarya Magz. Karya Anak Bangsa

To Top