BERITA

Mendagri: Bupati Faida Bisa Gunakan Acuan APBD 2017 Rp 4 Triliun Bangun Jember

Pertemuan Bupati Jember dr Hj Faida MMR dan Mendagri Tjahyo Kumolo di Jakarta

MAHAKARYA MAGZ- Jelas dan gamblang. Itulah yang disampaikan Mendagri Tjahyo Kumolo kepada Bupati Jember dr Hj Faida MMR terkait penggunaan anggaran APBD Jember tahun 2018.

Saat Bupati Faida bertemu langsung, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo akhirnya angkat bicara terkait belum selesainya pembahasan APBD Jember yang berujung dikeluarkannya Peraturan Kepala daerah (Perkada) oleh Bupati Jember dr Hj Faida MMR guna mengatur penggunaan anggaran APBD 2018.

Saat bertemu khusus dengan Bupati Jember dr Hj Faida MMR, Mendagri Tjahyo Kumolo menegaskan, untuk penggunaan APBD tahun 2018, Bupati Faida bisa mengacu alokasi anggaran APBD Jember tahun 2017 sekitar Rp 4 triliun untuk melaksanakan pembangunan yang pengunaannya diatur dalam perkada.

Hal ini juga ditegaskan Muh. Ardian Noeryanto, Direktur Fasilitasi Dana Perimbangan & Pinjaman Daerah Kemendagri, di depan Mendagri dan Bupati Faida di Jakarta.

“Ibu Bupati bisa mengunakan acuan tahun sebelumnya. Umpama tahun sebelumnya pagunya belanjanya adalah Rp 4 Triliun, maka itulah patokannya,” tegasnya.

Ardian juga menjelaskan keperuntukan untuk apa saja dana sekitar Rp 4 teikiun tersebut. “Empat triliun buat apa Bu? Buat belanja yang bersifat wajib dan yang bersifat mengikat. Apa itu mengikat? Untuk gaji pegawai’ bayar listrik telepon dan segala macam,” ungkapnya.

Termasuk untuk alokasi dana belanja wajib. “Apa itu belanja wajib? Pendidikan, kesehatan, infrastruktur. Jadi kalau ada statement yang menyatakan hanya untuk belanja pegawai ya tidak benar. Dan itu ada dalam Pasal 46 PP 58 Tahun 2005,” ujarnya.

Tidak hanya itu saja. Mendagri Tjahjo Kumolo juga berharap jika belanja pegawai bisa lebih rendah, sehingga alokasi anggaran bisa dialokasikan lebih banyak untuk pembangunan dan masyarakat.

“Syukur bisa alokasi anggarannya itu belanjanya lebih rendah. Itu lebih baik,” ujarnya. (mgz)

Bagikan Ke:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Subscribe to via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 544 other subscribers

Copyright © 2018 MahaKarya Magz. Karya Anak Bangsa

To Top