BERITA

Forum OPD, Sinkronkan Kemampuan Daerah dengan Keinginan Masyarakat

Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah yang digelar pada Kamis, 12 Maret 2020, di Pendapa Wahyawibawagraha untuk memberikan keseimbangan kebutuhan masyarakat dengan rencana pemerintah.

“Menangkap keinginan masyarakat, disinkronkan dengan kemampuan daerah dan tujuan RPJMD,” terang Bupati Jember, dr. Faida, MMR., usai memberikan pengarahan dalam forum itu.

Sinkronisasi tidak hanya dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Darsah (RPJMD) Kabupaten Jember. Keinginan masyarakat perlu tersambung dengan RPJM Provinsi Jatim dan RPJM nasional.

“Karena ini suatu sinergitas yang tidak terpisahkan satu dengan yang lainnya,” ungkap bupati yang didampingi Wakil Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief, kepada wartawan.

Upaya sinkronisasi itu tersusun dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Pemerintah Kabupaten Jember tahun 2021.

Oleh karen itu, untuk persiapan program tahun 2021, OPD diajak untuk memahami keinginan masyarakat. Salah satunya keinginan masyarakat di infrastruktur.

“Ini menjadi tugas para OPD untuk memilah-milah mana yang menjadi prioritas, karena setiap kegiatan itu harus meningkatkan indeks-indeks yang akan dicapai,” ungkap bupati.

Bupati juga menyampaikan banyak masyarakat yang mengeluh banyak jalan sudah diukur tetapi  belum dibangun.

“Mengapa? Karena masyarakat ini belum tahu, bahwa seluruh jalan di Jember memang diukur untuk memperbaiki dan memasukkan ke peta jalan di kabupaten untuk di-SK-kan ulang,” terangnya.

Banyak juga keinginan masyarakat agar jalan-jalan di pelosok dibangun. Tetapi, pemerintah tidak bisa membangunnya, karena jalan tersebut tidak termasuk dalam peta jalan kabupaten.

“Maka, dengan adanya pengukuran jalan, nantinya dapat dianggarkan dan dapat dibangun,” tandasnya.(amel)

Bagikan Ke:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Subscribe to via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 544 other subscribers

Copyright © 2018 MahaKarya Magz. Karya Anak Bangsa

To Top