BERITA

Faida-Vian [Tidak] Bisa Diusung Oleh Parpol ? Simak Ulasan Berikut !

Bakal pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Jember, Faida-Vian, beberapa waktu lalu telah mendaftakan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember lewat jalur perseorangan.

Faida-Vian juga telah mendapatkan dukungan dari sejumlah masyarakat dan dari jumlah dukungan telah memenuhi persyaratan yang disyaratkan untuk maju melalui jalur perseorangan. Saat ini seluruh kelengkapan masuk dalam tahapan verifikasi oleh KPU Jember.

Lalu apakah Parpol masih punya peluang untuk mengusung Pasangan Faida-Vian ? simak ulasan berikut :

1. Perubahan peraturan pencalonan Paslon Bupati dan Wakil Bupati.

2. Dasar lama : PKPU No. 3 tahun 2017 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

3. Dasar baru : PKPU No. 1 tahun 2020 tentang Perubahan atas PKPU No. 3 tahun 2017 tentang Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

4. Perubahan : Pada PKPU No. 3 tahun 2017 pasal 34 berbunyi “Bakal Pasangan Calon perseorangan yang telah mengikuti proses verifikasi administrasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 18 ayat (1), Bakal Pasangan Calon perseorangan tidak dapat diajukan sebagai calon dan/atau Bakal Pasangan Calon oleh Partai Politik atau Gabungan Partai Politik”

Artinya bahwa Bapaslon Perseorangan tidak dapat diajukan sebagai calon dan atau Bapaslon oleh Parpol sejak berakhirnya tahapan Pengecekan Jumlah Minimal Dukungan dan Sebaran yaitu tanggal 26 Februari 2020.

5. Pada PKPU No. 1 tahun 2020, pasal 34 dihapus: Artinya bahwa Bapaslon Perseorangan dapat diajukan sebagai calon dan/atau Bakal Pasangan Calon oleh Partai Politik atau Gabungan Partai Politik.

Dengan demikian, Bapaslon Perseorangan FAIDA-VIAN yang telah mamasukkan berkas syarat dukungan ke KPU Kab. Jember, masih berpeluang untuk diusung oleh parpol atau gabungan parpol :

– Ketika ditengah proses verifikasi administrasi dan verifikasi faktual terdapat parpol yang mengusung, maka pencalonan perseorangan akan ditarik.

– Ketika jumlah dukungan Bapaslon FAIDA-VIAN tidak memenuhi syarat setelah dilakukan verifikasi faktual, maka dapat diusung kembali oleh parpol atau gabungan parpol. [*]

Bagikan Ke:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Subscribe to via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 544 other subscribers

Copyright © 2018 MahaKarya Magz. Karya Anak Bangsa

To Top