BERITA

Bandara Embarkasi Jember Bisa Didarati Pesawat Airbus A320

MAHAKARYA NEWS –  Tidak lama lagi, pembangunan Bandara Notohadinegoro menjadi embarkasi haji sesuai janji Presiden Jokowi akan terealisasi. Hal ini terungkap saat Bupati Jenber dr Hj Faida MMR menggelar rapat koordinasi pembangunan Bandara yang terletak di Desa Wirowongso Kecamatan Ajung Kabupaten Jember, Jawa Timur ini, dengan pihak Dirjen Perhuhungan dan Angkasa Pura di Jakarta.

Rencananya, Bandara Notohadinegoro Jember akan dikembangkan sehingga dapat melayani operasional pesawat sejenis Boeing B737- 800NG/900 ER dan Airbus A320.

Terkait hal tersebut, Dirjen Perhubungan Udara beserta jajarannya menggelar koordinasi dengan Bupati Faida beserta jajaran Pemkab Jember dan pihak-pihak yang terkait untuk melakukan rapat koordinasi pengembangan tersebut hari ini di Jakarta. Termasuk dengan pihak Angkasa Pura.

Rapat koordinasi dihadiri  Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso dan jajarannya, Bupati Jember dr Hj. Faida MMR beserta jajarannya, termasuk UPTD Bandara Notohadinegoro, perwakilan dari PT. Angkasa Pura II, perwakilan dari PTPN XII dan Otoritas Bandara III dan UPBU Bandara Trunojoyo.

Dirjen perhubungan Udara Agus Santoso menyambut baik keinginan dari Pemda Jember tersebut. Menurut Agus, pengembangan suatu bandara juga bisa menjadi salah satu pendorong bagi pertumbuhan ekonomi daerah sekitarnya.

Sementara itu,  Sekretaris Ditjen Perhubungan Udara Pramintohadi Sukarno menyatakan, pembangunan Bandara Notohadinegoro akan bersamaan dengan pembangunan Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya dan Bandara Wirasaba Purbalingga.

“Teknis pembangunannya nanti akan diawasi oleh Direktorat Bandara Udara Ditjen Perhubungan Udara. Untuk itu saya minta PT. Angkasa Pura II melakukan pengecekan timeschedule pengembangan bandara-bandara tersebut,” ujar Pramintohadi.

Bandara Notohadinegoro saat ini mempunyai panjang landasan 1.560 meter yang hanya bisa melayani pesawat terbesar sejenis ATR 72-600 yang dioperasikan oleh maskapai Garuda Indonesia dengan rute Jember-Surabaya PP.

Sesuai rencana, kata dia, panjang landasan bandara ini akan diperpanjang hingga menjadi 2.500 meter x 105 meter sehingga mampu melayani pesawat sejenis Boeing B737 800NG/ 900 ER dan Airbus A320.

Bandara tersebut saat ini mempunyai terminal penumpang seluas 618,24 m2 dengan kapasitas 70 tempat duduk. Terminal penumpang ini akan diperbesar menjadi seluas 6.732 m2 dengan kapasitas 187 tempat duduk.

Sementara itu, Bupati Jember dr Hj Faida MMR menjelaskan, untuk mempercepat pembangunan bandara, koordinasi dengan berbagai pihak terus dilakukan. Baik dengan pihak kementerian perhubungan, PTP, pihak Angkasa Pura. Menkum HAM, maupun Imigrasi.

Bupati Faida juga mengapresiasi langkah Dirjen Perhubungan yang begitu responsif untuk mempercepat pembangunan bandara Jember menjadi bandara embarkasi haji.

” Kita akan terus koordinasi dan melengkapi berbagai hal yang perlu dipersiapkan untuk Pembangunan bandara Embarkasi haji di Jember,” ujarnya. (mgz)

Bagikan Ke:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Subscribe to via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 544 other subscribers

Copyright © 2018 MahaKarya Magz. Karya Anak Bangsa

To Top